Model Strategi Peningkatan Loyalitas Dengan Evaluasi Kepuasan Yang Memperhatikan Aspek Kualitas Pelayanan di RSUD Dr. Moewardi

Sedyatmi, Purnaningsih (2022) Model Strategi Peningkatan Loyalitas Dengan Evaluasi Kepuasan Yang Memperhatikan Aspek Kualitas Pelayanan di RSUD Dr. Moewardi. Masters thesis, Universitas Dharma AUB Surakarta.

[img] Text
8. Sedyatmi e-Jurnal(setelah revisi).rtf.doc

Download (237kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menguji, menganalisa dan memberikan bukti empiris pengaruh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan pasien dan loyalitas pasien RSUD Dr. Moewardi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan mengambil sampel pasien rawat jalan cendana sebanyak 100 responden. Metode analisa data diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji Linieritas, uji t, uji F, uji Koefisien Determinasi (R2) dan analisa jalur. Hasil uji t sebagai berikut : bukti fisik berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan pasien, kehandalan berpengaruh positif tidak signifikan signifikan terhadap kepuasan pasien, daya tanggap berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan pasien, jaminan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan pasien sedangkan empati berpengaruh positif sigtnifikan terhadap kepuasan pasien. Bukti fisik berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas pasien, kehandalan berpengaruh positif tidak signifikan signifikan terhadap loyalitas pasien, daya tanggap berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap loyalitas pasien, jaminan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap loyalitas pasien, empati berpengaruh positif sigtnifikan terhadap loyalitaspasien. Sedangkan kepuasan pasien berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan Hasil uji secara serempak (Uji F) pada persamaan kedua secara bersama-sama bersama-sama bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien. Uji R2 menunjukkan sebesar 0,766 artinya pasien RSUD Dr. Moewardi dijelaskan oleh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dengan kepuasan sebagai variabel intervening sebesar 76,6 % sisanya sebesar 23,4 % dijelaskan variabel lain diluar model penelitian, misal variabel harga, citra rumah sakit, kepercayaan dan lain-lain.. Kesimpulan analisis jalur ini dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel empati, merupakan jalur yang paling dominan, dibandingkan jalur yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Administrator UNDHA AUB Surakarta
Date Deposited: 20 Dec 2025 06:35
Last Modified: 20 Dec 2025 06:35
URI: http://repository.undha.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item View Item