PERAN KEPUASAN DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN BERTRANSAKSI DENGAN ASPEK CONSUMER KNOWLEDGE, KEMUDAHAN PROSEDUR DAN KECEPATAN PELAYANAN DI BMT HIRA SRAGEN

INDRA, WAHYUDI (2022) PERAN KEPUASAN DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN BERTRANSAKSI DENGAN ASPEK CONSUMER KNOWLEDGE, KEMUDAHAN PROSEDUR DAN KECEPATAN PELAYANAN DI BMT HIRA SRAGEN. Masters thesis, Universitas Dharma AUB Surakarta.

[img] Text
JURNAL INDRA WAHYUDI.doc

Download (605kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara empiris peran kepuasan dalam meningkatkan keputusan bertransaksi dengan aspek consumer knowledge, kemudahan prosedur dan kecepatan pelayanan di BMT Hira Sragen. Metode analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji instrument yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji linieritas, analisis regresi, analisis jalur, Uji t, Uji F, Uji koefisien determinasi dan analisis korelasi, dengan jumlah populasi nasabah yang bertransaksi di bulan September 2021 BMT Hira Sragen sejumlah 470 nasabah, sampel diambil sebanyak 470 x10% =94 dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa consumer knowledge berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kemudahan prosedur berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kecepatan pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah. Consumer knowledge berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan bertransaksi nasabah. Kemudahan prosedur berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan bertransaksi nasabah. Kecepatan pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan bertransaksi nasabah. Kepuasan nasabah berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan bertransaksi Nasabah. Hasil uji F dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel consumer knowledge, kemudahan prosedur, kecepatan pelayanan dan kepuasan nasabah mempengaruhi Keputusan bertransaksi nasabah di BMT Hira Sragen. Nilai R2 total sebesar 0,538 ini berarti bahwa keputusan bertransaksi nasabah di BMT Hira Sragen dijelaskan oleh variabel consumer knowledge, kemudahan prosedur, kecepatan pelayanan dan kepuasan nasabah sebesar 53,8%. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa consumer knowledge, kemudahan prosedur dan kecepatan pelayanan efektif melalui jalur langsung. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa consumer knowledge mempunyai pengaruh yang paling dominan dalam meningkatkan keputusan bertransaksi di BMT Hira Sragen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Administrator UNDHA AUB Surakarta
Date Deposited: 20 Dec 2025 06:01
Last Modified: 20 Dec 2025 06:01
URI: http://repository.undha.ac.id/id/eprint/1716

Actions (login required)

View Item View Item