FANDI ADIA, TAMA (2022) MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT DENGAN MEMPERHATIKAN ASPEK KUALITAS PELAYANAN, INOVASI PELAYANAN DAN KEPUASAN (Studi Kasus Pelayanan Haji di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sragen). Masters thesis, Universitas Dharma AUB Surakarta.
|
Text
JURNAL ILMIAH FANDI ADIA TAMA.doc Download (554kB) |
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis terkait usaha membangun kepercayaan masyarakat dengan memperhatikan aspek kualitas pelayanan, inovasi pelayanan dan kepuasan pelayanan haji di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pelayanan haji di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sragen sejumlah 55 masyarakat bulan Agustus – September 2021, sampel sebesar 55 masyarakat dengan tehnik sensus. Teknik analisis dalam penulisan ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi pelayanan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan masyarakat. Inovasi pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan masyarakat. Kepuasan masyarakat berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan masyarakat. Hasil uji F dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel kualitas pelayanan, inovasi pelayanan dan kepuasan masyarakat mempengaruhi Kepercayaan Masyarakat di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sragen. Nilai R2 total sebesar 0,797 dapat diartikan variasi Kepercayaan Masyarakat di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sragen dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, inovasi pelayanan dan kepuasan masyarakat sebesar 79,7% dan sisanya 20,3% dijelaskan variabel lain diluar model penelitian sebagai contoh kenyamanan lingkungan dan profesionalisme kerja. Hasil analisis jalur, dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap kepercayaan merupakan jalur paling efektif atau dominan dibandingkan dengan pengaruh variabel lain
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Administrator UNDHA AUB Surakarta |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 05:52 |
| Last Modified: | 20 Dec 2025 05:52 |
| URI: | http://repository.undha.ac.id/id/eprint/1711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
