KAJIAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Peternak Pengguna Jasa Inseminasi Buatan pada Ternak Sapi Di Desa Sedayu Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan)

Umi, Faridah (2021) KAJIAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Peternak Pengguna Jasa Inseminasi Buatan pada Ternak Sapi Di Desa Sedayu Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan). Masters thesis, STIE AUB Surakarta.

[img] Text
1. File Judul dan Abstrak.pdf

Download (700kB)
[img] Text
2. File Bab I.pdf

Download (635kB)
[img] Text
Jurnal Umi Faridah.pdf

Download (719kB)
[img] Text
5. File Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) petugas jasa inseminasi buatan terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada peternak pengguna jasa inseminasi buatan di Desa Sedayu Kecamatan Grobogan. Populasi dalam penelitian ini adalah peternak pengguna jasa inseminasi buatan dengan sampel sebanyak 115 responden yang diambil secara random (random sampling). Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji parsial (uji t), uji serempak (uji F), uji determinasi (R square), dan uji analisis jalur. Hasil uji instrument penelitian didapatkan variabel valid dan reliabel. Hasil uji t didapatkan sebagai berikut : tangible dan assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan; emphaty berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan; reliability dan responsiveness berpengaruh negatif terhadap kepuasan; assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas; tangible berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas; dan reliability, responsiveness, dan emphaty berpengaruh negatif terhadap loyalitas. Hasil uji F disimpulkan secara bersama-sama variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hasil uji determinasi disimpulkan variabel tangible (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), emphaty (X5) dengan kepuasan (X6) sebagai variabel intervening dapat menjelaskan variabel loyalitas (Y) sebesar 54,6 % dan sisanya sebesar 45,4 % dijelaskan faktor independen lainnya di luar model penelitian. Hasil analisis jalur dapat diketahui bahwa mediasi kepuasan efektif digunakan sebagai pemediasi tangible terhadap peningkatan loyalitas peternak pengguna jasa inseminasi buatan. Kata Kunci: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Kepuasan Peternak, Loyalitas Peternak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Administrator UNDHA AUB Surakarta
Date Deposited: 27 Nov 2021 02:59
Last Modified: 27 Nov 2021 02:59
URI: http://repository.undha.ac.id/id/eprint/1450

Actions (login required)

View Item View Item