PERANAN KOMPETENSI PROFESIONAL, KEDISIPLINAN DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU SMK KATOLIK SE KOTA SURAKARTA

Theodosia Rita Martanti, Kusumastuti (2021) PERANAN KOMPETENSI PROFESIONAL, KEDISIPLINAN DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU SMK KATOLIK SE KOTA SURAKARTA. Masters thesis, STIE AUB Surakarta.

[img] Text
RITA HALAMAN ROMAWI.pdf

Download (402kB)
[img] Text
RITA BAB 1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
RITA JURNAL.pdf

Download (294kB)
[img] Text
RITA_TESIS_KOMPLIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui peranan dari kompetensi profesional, kedisiplinan dan kecerdasan emosi terhadap motivasi dan kinerja guru pada SMK Katolik se Kota Surakarta. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis uji reliabilitas dan uji validitas, analisis jalur, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2) dan Sobel Test. Sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru SMK Katolik se Kota Surakarta sejumlah 84 orang dengan teknik sensus. Hasil uji t persamaan pertama kompetensi profesional berpengaruh tidak signifikan terhadap motivasi, kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap motivasi, kecerdasan emosi berpengaruh tidak signifikan terhadap motivasi. Hasil uji t persamaan kedua kompetensi profesional berpengaruh signifikan terhadap kinerja, kedisiplinan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja, kecerdasan emosi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja, motivasi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja. Hasil uji secara serempak (uji F) pada persamaan pertama bahwa secara bersama-sama variabel bebas kompetensi profesional, kedisiplinan dan kecerdasan emosi mempengaruhi kinerja guru dengan motivasi guru sebagai variabel intervening. Hasil uji dengan Sobel Test menunjukkan bahwa motivasi tidak efektif memediasi kompetensi profesional, kedisiplinan dan kecerdasan emosi terhadap kinerja guru. Nilai R2 total yang diperoleh sebesar 0,684 (68,4%). Dengan memperhatikan pengaruh langsung dan tidak langsug dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap kinerja guru merupakan jalur yang paling dominan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Administrator UNDHA AUB Surakarta
Date Deposited: 06 Dec 2021 05:28
Last Modified: 06 Dec 2021 05:28
URI: http://repository.undha.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item