PENGARUH SELF CONFIDENCE, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KARANGPANDAN, KARANGANYAR

Desi Nur, Supriyatin (2021) PENGARUH SELF CONFIDENCE, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KARANGPANDAN, KARANGANYAR. Other thesis, STIE AUB Surakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
COVER & PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
SKRIPSI DESI 1-lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Self Confidence, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Karangpandan, Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan data secara primer yaitu dengan kuesioner dimana populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Karangpandan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Hasil pengujian validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item pertanyaan yang diajukan terbukti valid dan reliable. Hasil persamaan regresi linier berganda variabel self confidence dan lingkungan keluarga berpengaruh positif sedangkan variabel lingkungan sekolah berpengaruh negatif. Hasil uji t menunjukkan bahwa self confidence berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berpengaruh tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji F menunjukan self confidence, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,486 sehingga diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 48,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen (self confidence, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah) mampu menjelaskan variabel dependen yaitu prestasi belajar siswa sebesar 48,6%. Sedangkan sisanya 51,4% dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kompetensi guru, motivasi belajar, kedisiplinan, kemandirian belajar, bimbingan belajar luar sekolah dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Administrator UNDHA AUB Surakarta
Date Deposited: 15 Nov 2021 08:57
Last Modified: 15 Nov 2021 08:57
URI: http://repository.undha.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item View Item