Ardian Vicky, Vernandita (2022) MEMBANGUN LOYALITAS NASABAH DALAM MEWUJUDKAN KEPUASAN DAN PELAYANAN DI PT.BPR LAWU ARTHA. Masters thesis, Universitas Dharma AUB Surakarta.
|
Text
JURNAL TESIS AFTER EDIT 300722.docx Download (182kB) |
Abstract
Tujuan pengkajian ini adalah melihat secara empiris dan mengamati dampak Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance, Caring kepada Kepuasan, dan mengetahui secara empiris dan menganalisis dampak Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance, Caring, Kepuasan, kepada Loyalitas di PT. BPR LAWU ARTHA. Populasi dalam penelitian ini adalah 200 nasabah PT. BPR LAWU ARTHA. Teknik pengambilan secara acak yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan cluster atau mengelompokan jenis-jenis nasabah, setelah mendapatkan berbagai kelompok maka peniliti mengambil sampel dari masing-masing kelompok tersebut. Jadi sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 nasabah. Metode analisis bahan uji pada penelitian ini diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji partial (uji t), uji serempak (uji f), uji R Square, dan analisis jalur. Hasil uji t sebagai berikut : Tangibility h positif tidak relevan kepada Kepuasan nasabah., Reliability berdampak positif relevan kepada Kepuasan nasabah, Responsiveness berdampak positif relevan kepada Kepuasan nasabah, Assurance berdampak positif tidak relevan kepada Kepuasan nasabah, Caring berdampak positif relevan kepada Kepuasan nasabah, Tangibility berdampak positif tidak relevan kepada Loyalitas nasabah, Reliability berdampak positif relevan kepada Loyalitas nasabah, Responsiveness berdampak positif relevan kepada Loyalitas nasabah, Assurance berdampak positif tidak relevan kepada Loyalitas nasabah, Caring berdampak positif relevan kepada Loyalitas nasabah, Kepuasan berdampak positif relevan kepada Loyalitas nasabah. Hasil (Uji F) pada persamaan kedua diketahui nilai F = 12,880 relevansi 0,000<0,05. Jadi dapat diringkas secara bersama-sama varian bebas berdampak relevan kepada Loyalitas nasabah. Nilai R2 total sebesar 0,636, dijabarkan ternyata variasi Loyalitas nasabah di PT. BPR Lawu Artha dijelaskan oleh varian Kepuasan nasabah dan kualitas Pelayanan sebesar 63,6% sisanya 36,4% dijelasakan objek penelitian lain diluar model pengkajian. Dampak langsung kepada Loyalitas nasabah cenderung besar dari pada dampak tidak langsung , jadi untuk menaikkan Loyalitas nasabah akan berhasil jika melalui metode langsung. Responsiveness dan Caring merupakan faktor paling dominan dalam dampak kepada Loyalitas nasabah
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Administrator UNDHA AUB Surakarta |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 13:19 |
| Last Modified: | 20 Dec 2025 13:19 |
| URI: | http://repository.undha.ac.id/id/eprint/1728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
