DANNY NHOUTO, EREIKA (2022) THE ROLE OF JOB SATISFACTION IN IMPROVING EMPLOYEE PERFORMANCE WITH ASPECTS OF HUMAN CAPITAL AND ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (RESEARCH AT PT. BPR BKK KARANGMALANG PERSERODA SRAGEN REGENCY). Masters thesis, Universitas Dharma AUB Surakarta.
|
Text
Jurnal Ilmiah DANNY NHOTO EREIKA.doc Download (547kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis serta memberikan bukti empiris peran kepuasan kerja dalam meningkatkan kinerja pegawai dengan aspek human capital dan organizational citizenship behavior pada PT. BPR BKK Karangmalang Perseroda Kabupaten Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di PT. BPR BKK Karangmalang Perseroda Kabupaten Sragen sejumlah 250 pegawai. Sampel sebanyak 30% dari populasi yaitu 250 x 30% = 75 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis jalur regresi linier berganda, uji instrument, uji linieritas dan uji hipotesis yang meliputi regresi linier berganda, Uji F, Uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan human capital berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja Organizational citizenship behavior berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai. Human capital berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Organizational citizenship behavior berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil uji F diketahui besarnya nilai F =32,079 signifikansi 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan secara bersama-sama human capital, organizational citizenship behavior dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai PT. BPR BKK Karangmalang Perseroda Kabupaten Sragen. Nilai R2 total sebesar 0,718 dapat diartikan variasi kinerja pegawai di PT. BPR BKK Karangmalang Perseroda Kabupaten Sragen dijelaskan oleh variabel human capital, organizational citizenship behavior dan kepuasan kerja, sebesar 71,8% dan sisanya 28,2% dijelaskan variabel lain diluar model penelitian sebagai contoh kedisiplinan dan kompetensi. Hasil analisis jalur diketahui jalur organizational citizenship behavior terhadap kinerja, merupakan jalur yang dominan atau efektif untuk meningkatkan kinerja.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Administrator UNDHA AUB Surakarta |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 05:45 |
| Last Modified: | 20 Dec 2025 05:45 |
| URI: | http://repository.undha.ac.id/id/eprint/1707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
