STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH DENGAN ASPEK E-COMMERCE, SOSIAL MEDIA DAN KUALITAS LAYANAN PADA PT BPR BANK BOYOLALI (PERSERODA)

IKA, HANDAYANI (2021) STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH DENGAN ASPEK E-COMMERCE, SOSIAL MEDIA DAN KUALITAS LAYANAN PADA PT BPR BANK BOYOLALI (PERSERODA). Masters thesis, STIE AUB Surakarta.

[img] Text
cover dan abstraksi.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Tesis Ika Handayani_2019015155_31H_lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menganalisis tentang strategi dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah PT BPR Bank Boyolali (Perseroda) dengan menggunakan aspek E-commerce, Sosial Media, serta Kualitas Layanan. Banyaknya sampel data nasabah pada PT BPR Bank Boyolali (Perseroda) sebanyak 100 nasabah. Metode analisis data yang digunakan diuji dengan uji validitas, reliabilitas, linieritas, uji t, analisa jalur, uji F, dan uji R square. Hasil analisis dari pengujian tersebut adalah semua item pertanyaan variabel dinyatakan valid, semua varibel dinyatakan reliabel, nilai R2 sebesar 0,000 sehingga nilai c2 hitung < c2 tabel dengan kata lain model yang benar adalah model linier. Uji F dengan hasil Aspek E-Commerce dan aspek social media berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah sedangkan aspek Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah, serta Kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Koefisien determinasi (R square) menghasilkan nilai R2 total sebesar 0,838 yang berarti loyalitas nasabah dipengaruhi oleh aspek E-commerce, Sosial Media, Kualitas Layanan dan kepuasan sebesar 83,8% sehingga sisanya sebesar 16,2% dipengaruhi aspek lain diluar model penelitian, seperti aspek kepercayaan, produk, harga dan lain-lain. Hasil Analisis Jalur untuk aspek E-commerce dan Sosial Media berpengaruh secara langsung terhadap Loyalitas Nasabah tetapi aspek kualitas layanan berpengaruh tidak langsung terhadap Loyalitas Nasabah sebab harus melalui aspek Kepuasan Nasabah. Dengan hasil akhir Analisa Jalur pengaruh langsung Sosial Media terhadap Loyalitas Nasabah merupakan jalur yang paling efektif dan dominan dibandingkan jalur yang lain, karena memiliki nilai koefisien sebesar = 0,468.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Administrator UNDHA AUB Surakarta
Date Deposited: 04 Dec 2021 02:15
Last Modified: 04 Dec 2021 02:15
URI: http://repository.undha.ac.id/id/eprint/1463

Actions (login required)

View Item View Item